Strategi Pemasaran Layanan Jasa Pendidikan Vokasi Industri (Studi Kasus: Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta)
Main Article Content
Abstract
Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK Tekstil Solo) adalah salah satu perguruan tinggi vokasi di bawah Kementerian Perindustrian yang berdiri sejak tahun 2015. Supaya dapat tetap bertahan, AK Tekstil Solo harus mampu berkompetisi dengan perguruan tinggi lain pada umumnya, dan perguruan tinggi dengan program studi yang berbasis Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) pada khususnya. Salah satu upaya untuk memenangkan kompetisi yaitu harus ada beberapa strategi pemasaran yang tepat. Fokus penelitian ini pada pemilihan strategi pemasaran yang sesuai dengan faktor internal dan eksternal di lingkungan AK Tekstil Solo, dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Analisis Porfolio Matriks General Electric (GE). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan analisis menggunakan AHP dan Analisis Porfolio Matriks General Electric (GE) menghasilkan beberapa strategi yang fokus untuk menggunakan kelebihan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada. Pilihan strategi pada area ini adalah membuat keputusan investasi yang selektif untuk membangun tantangan bagi kepemimpinan melalui segmentasi, secara selektif membangun kekuatan layanannya kebih lanjut, dan memperkuat kembali basis pasar potensial yang mudah disimasuki. Pemilihan prioritas strategi pemasaran adalah dengan menjalankan strategi promosi dalam bentuk publisitas melalui, seminar, workshop, roadshow, penyebaran leaflet/brosur dan pameran serta memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana promosi melalui website
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c)