Visual Merchandising Produk Fashion Muslim Lafiye Di Media Sosial
Main Article Content
Abstract
Lafiye memanfaatkan media sosial Instagram dan TikTok untuk mengiklankan produknya. Produk-produk Lafiye dapat ditemukan di platform Shopee serta di situs web resmi Lafiye. Pemilihan tampilan di platform dan media sosial sangat diperhatikan untuk menciptakan kesan yang menarik dan konsisten. Media sosial saat ini telah berkembang menjadi alat promosi yang sangat penting dan efektif. penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut bagaimana visual merchandising yang dilakukan oleh Lafiye ditengah maraknya brand fashion muslim di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dengan bertumpu pada prinsip dan unsur visual merchandising. Penulis menggunakan data yang diperoleh dari website resmi dan akun instagram resmi. Data juga diambil dari pemberitaan media online yang ada di Indonesia dalam memberitakan Lafiye dan artikel yang membahas tentang produk ini. Visual merchandising pada online store sangatlah penting, terutama pada tampilan Homepage Window Display. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lafiye secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip visual merchandising seperti penataan produk, pemilihan warna, pencahayaan, dan gaya fotografi yang selaras dengan identitas merek dan preferensi target pasar. Strategi tersebut tidak hanya memperkuat citra merek tetapi juga membangun kedekatan emosional dengan konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa visual merchandising di media sosial menjadi alat penting dalam membentuk persepsi dan daya tarik produk fashion muslim di era digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c)
References
Alkahfi, M. A., Ayuni, P., Rorizki, F., Batubara, M., & Silalahi, P. R. (2022). S Strategi Promosi Digital Online Shop Aisar.Scarf dalam Meningkatkan Penjualan Produk Hijab. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(3), 567–583. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i3.930.
Andarista, F., Santi Hariyani, D., & Ula Ananta Fauzi, R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics, 01(02), 36–44.
Basu, R., Paul, J., & Singh, K. (2022). Visual merchandising and store atmospherics: An integrated review and future research directions. Journal of Business Research, 151(June), 397–408. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.07.019.
Cahyaningrum, Y. (2024). Pengembangan Website E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Media Promosi dan Penjualan Online. 2(1), 29–35. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/inventorhttps://doi.org/10.37630/inventor.v1i3.1421.
Cahyaningrum, Y., Istiqomah, A. N., Ramdhani, D. E., & Noviyanti, N. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) untuk Kustomisasi Buku Gambar Panel dan Elemen Dekoratif Keramik. 5(1), 25–29.
Cahyaningrum, Y., Ramdhani, D. E., & Noviyanti, N. (2025). PENGELOLAAN KREATIVITAS DAN INOVASI MELALUI INTEGRASI SENI DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL 5.0. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 7(1), 106-114.
Fetrianggi, R. (2021). Analisis Online Visual Merchandising Elements pada Toko Online Busana Muslim di Indonesia. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(2), 1–7.
Fitri, A. N., Fabriar, S. R., & Hilmi, M. (2021). Branding fashion muslim (studi analisis brand wearing klamby). Islamic Communication Journal, 6(1), 31–48. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.1.7872.
Hudiyah, I. F., Nisrina, S. J., Hidayat, R., Respati, I., Studi, P., & Bisnis, A. (2024). Issn : 3025-9495.
(8).
Kusuma Putra, G. L. A., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1.
LAFIYE - Cultivate Beauty in Versatility. (2024, January 30). Accessed from: https://www.lafiye.com/ Latifa, A. A. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Fashion Muslim Lokal Lafiye melalui Tiktok dan X. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 12.
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2713.
Mustikarani, T. D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia. Warta ISKI, 2(01), 8–18. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.23.
Pegler, M. M. (2016). Visual Merchandising and the Changing Face of Retail. In Visual Merchandising and Display. https://doi.org/10.5040/9781501304279.ch-026.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.
Wicaksono, A. R., Marindras, W., & Kristianto, V. I. (2015). Komposisi warna website universitas kelas dunia, studi kasus Harvard University, University of Cambridge dan National Taiwan University. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1), 70–75.