Analisis Proses Pembuatan Produk Kemeja Lengan Pendek

Main Article Content

Faizah Nurul Ariani
Abdul Rohman Heryadi

Abstract

Kemeja lengan pendek adalah pakaian yang banyak digunakan di masyarakat karena dapat digunakan dalam kondisi formal maupun non formal. Analisis ini bertujuan untuk memecah proses pembuatan kemeja lengan pendek, agar dapat diidentifikasi komponen-komponen pembentuk, kelas seam  dan kelas jeratan yang terlibat, serta tipe mesin yang digunakan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi litelatur, obervasi produk secara langsung mencakup pengukuran sampel produk, identifikasi komponen pembentuk, identifikasi kelas seam dan jeratan, kemudian identifikasi tipe mesin yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemeja lengan pendek yang diteliti terbentuk dari 10 komponen pola, lima jenis kelas seam, tiga jenis kelas jeratan, dan tiga jenis tipe mesin.

Article Details

How to Cite
Ariani, F. N., & Heryadi, A. R. (2023). Analisis Proses Pembuatan Produk Kemeja Lengan Pendek. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(1), 42–49. https://doi.org/10.59432/jute.v6i1.50
Section
Articles

References

Jannah, I. M., Irianti, A. H. S., & Rahayu, S. E. P. (2021). Pengembangan Media Pembuatan Kemeja Batik Sambung Berbasis Online. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Jaslinder, J., & Hildayani, R. (2019). Efektivitas teknik forward chaining pada kemampuan menggunakan kemeja pada anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Psikogenesis, 7(1), 18-27.

Nasional, D. P. Tata Busana. Poeradisastra Ratih. (2003). Padu Padan Busana Pria. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rifaah, I. (2020). Analisis Komposisi Motif Kain Batik yang Berefek pada Visual Kemeja Pria. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik (Vol. 2, No. 1, pp. A05-A05).

Soetomo. (1993). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sundari, A. S., Jwalita, Y. H., Rimantho, D., & Hidayah, N. Y. (2021). Strategi Perbaikan Produksi Kemeja Di Umkm Konveksi. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 3(1), 18-26.

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi ketiga. Penerbit: Widya Guna, Surabaya.

Yuningsih, S., Destiarman, A. H., & Tresnadi, C. (2020). Kajian Komponen Struktural Dan Fungsional Pada Kemeja Bermotif Batik Kontemporer Dalam Elemen Estetika Busana. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 18(1), 35-44.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.