Pengukuran Produktivitas pada Bagian Quilting Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE)

Main Article Content

Jhon Rizky Saputra
Abdul Rohman Heryadi

Abstract

Proses Quilting merupakan salah satu proses yang penting dalam industri garmen, yaitu proses menambahkan pola jahitan dekoratif pada top layer kain yang telah dirakit dengan lapisan batting dan backing. Quilting banyak digunakan pada pakaian musim dingin, yang berfungsi sebagai lapisan pelindung sehingga tahan lama. Untuk itu, agar dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi dan dalam jumlah yang banyak, maka diperlukan penggunaan mesin Computer Numerical Control (CNC) yang bekerja efektif dan efesien dalam proses produksi. Namun, PT PS mengalami beberapa kendala dalam menghasilkan produk quilting tersebut dengan efisien dan berkualitas tinggi. Berdasarkan data yang tersedia, dilakukan analisis produktivitas pada mesin CNC MC-23 dengan menggunakan metode Overall Equipment Efektiviness (OEE). Didapat hasil dari perhitungan nilai availibility sebesar 71%, performance 64%, quality 99% dan total nilai OEE sebesar 46%.  Dari hasil perhitungan dan analisis OEE yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai availibility dan performance pada proses Quilting dengan mesin CNC MC-23 masih di bawah dari nilai OEE bedasarkan Standard World Company. Untuk hasil analisis permaslahan dengan diagram Pareto didapatkan permasalahan tertinggi pada metrik availibility yaitu pada yang panel terlambat, dan untuk permasalahan tertinggi pada metrik performance yaitu pada area kerja yang kurang ergonomis.

Article Details

How to Cite
Saputra, J. R., & Heryadi, A. R. (2023). Pengukuran Produktivitas pada Bagian Quilting Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.59432/jute.v6i2.69
Section
Articles

References

Anderson, A. (2010). Start Quilting with Alex Anderson: Everything First-Time Quilters Need to Succeed. C&T Publisher, 3rd Edition.

Anrinda, M., Edy Sianto, M., dan Mulyana, J. (2021). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Mesin Offset CD6 di Industri Offset Printing, Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (RITEKTRA) 2021.

Author (2011). Penjelasan OEE, https://www.leanproduction.com/oee/, diakses pada tanggal 8 Mei 2023.

Suhendra, R., & Betrianis, B. (2005). Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness Sebagai Dasar Usaha Perbaikan Proses Manufaktur pada Lini Produksi (Studi Kasus Pada Stamping Production Division Sebuah Industri Otomotif). Jurnal Teknik Industri, 7(2), 91-100.

Borris, S. (2006): Total Productive Maintenance: Proven Strategies and Techniques to Keep Equipment Running at Peak Efficiency, McGraw-Hill.

Evans, J. R., dan Lindsay, W. M. (2007). An Introduction to Six Sigma & Process Improvement, Jakarta, Salemba Empat.

Evocon (2023). World Class OEE Industry Benchmarks Form 50 Country, https://evocon.com/articles/world-class-oee-industry-benchmarks-from-more-than-50-countries/, diakses pada tanggal 19 Mei 2023.

Hartoyo, F., Yudhistira, Y., Chandra, A., & Chie, H. H. (2013). Penerapan metode DMAIC dalam peningkatan acceptance rate untuk ukuran panjang produk bushing. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(1), 381-393.

Jones, M.H., Guttenberger,J. dan Brenneke, H. (1991). Condition monitoring '91: proceedings of an International Conference on Condition Monitoring held at the Stadthalle, Erding, Germany, 14-16 May 1991

Kothari, R.C. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques, New Age International.

Muchiri, P., & Pintelon, L. (2008). Performance measurement using overall equipment effectiveness (OEE): literature review and practical application discussion. International journal of production research, 46(13), 3517-3535.

Nakajima, S. (1988). Introduction to TPM: Total Productive Maintenance, Productivity Press.

Nursanti, I., dan Susanto, Y. (2014). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Mesin Packing untuk Meningkatkan Nilai Availability Mesin, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(1): 96–102.

Putri, A., S. (2022). Perhitungan dan Analisi Nilai Overall Equipment Effektiveness (OEE) sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Mesin AJL Toyota JAT810, Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta.