Analisis Proses Pembuatan Produk Pleats Pants

Main Article Content

Ine Febriyanti
Abdul Rohman Heryadi

Abstract

Pleat Pants (Celana Plisket) adalah salah satu trend fashion celana yang mulai banyak digunakan masyarakat. Karakteristik celana ini adalah lipatan (pleat) yang diterapkan pada semua bagian celana. Meskipun jenis celana ini banyak tersedia di pasaran dan mudah didapat tetapi belum ada yang meneliti proses pembuatan celana sebagai bentuk kontribusi ilmiah untuk pengembangan produk fashion kedepannya. Tujuan dari Analisa produk ini adalah membahas komponen pembentuk, jenis seam yang digunakan, jenis kelas stitch, dan jenis mesin yang digunakan dengan cara analisa terbalik dari produk akhir yang terdapat di lapangan untuk berusaha menemukan bagaimana cara produk tersebut dibuat. Pembuatan celana plisket memiliki 12 tahapan proses produksi, dengan empat kelas seam yaitu kelas 1 untuk tujuh proses, kelas 6 untuk satu proses, kelas 7 untuk dua proses, dan kelas 8 juga untuk dua proses. Kelas stitch atau jeratan di celana plisket teridentifikasi dua jenis kelas jeratan yaitu kelas 300 dengan jenis jeratan lockstitch dan kelas 500 untuk jenis jeratan overedge stitch sehingga jenis mesin utama yaitu mesin single needle lockstitch dan mesin overlock 3 thread interloping. Kesesuaian ataupun ketepatan dalam menentukan jenis jahitan sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan produksi dalam dunia garmen karena dapat berimbas fatal jika tidak ditentukan secara tepat.

Article Details

How to Cite
Febriyanti, I., & Heryadi, A. R. (2023). Analisis Proses Pembuatan Produk Pleats Pants. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(1), 23–30. https://doi.org/10.59432/jute.v6i1.49
Section
Articles

References

Agustina, N., & Wiana, W. (2014). Pleats Exsploration In Mermaid Gown. Fesyen Persfektif: Jurnal Pendidikan Tata Busana, 4(1).

Alawiyah, T.A (2020). Mengkaji stitching pada bagian pleat produk celana renang.

Anonim., Contoh Gambar Celana Plisket, https://bayleaf.id/tips-menggunakan-celana-plisket/, diakses pada tanggal 22 Juni 2023

Astuti, T. (2020). Permasalahan dan Penyelesaian Pembuatan Celana Swim Short Style S20ISSW0311SDI. Laporan Praktik Kerja Lapangan Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta.

British Standard BS-3870-2. (1991). Stitches and Seams Part 2: Classification and Terminology of Seam Types.

Manzayanah et al. (2001) Buku MMP Pendidikan Keterampilan. Universitas Negeri Surakarta, Surakarta.

Nila, P. (2019). Penyimpangan Kualitas Stitching Pleat and Slant Unstraight Waistband Heattech Warm Lined Pants Style 229F031A. Laporan Praktik Kerja Lapangan Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

Ramadanny, M. A. (2017). Manfaat Hasil Belajar Pemilihan Mesin Garmen Sebagai Kesiapan Menjadi Supervisor Sewing Di Industri Garmen (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ramadhan, R. C., Flowchart Metodologi Penelitian, http://pemaw08.blogspot.com/2017/11/flowchart-metodologi-penelitian.html, diakses pada tanggal 22 Juni 2023

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.

Sutanto, H. (2015). Buku Informasi Pemilihan Mesin Garmen 1, Kementerian Perindustrian.

Zellia, A. (2022). Permasalahan dan Penyelesaian Terjadinya Pleated Side Seam pada Produk Mens Long Pant Artikel G486SITA. Laporan Praktik Kerja Lapangan Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta.