Penanganan Peak Daerah 18 cm Menggunakan Pendekatan PDCA pada Mesin Drawing Finisher FA 306 A

Main Article Content

Alya Rosida
Ahmad Darmawi
Irham Aribowo

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kendala mekanik atau mechanical fault yang sering muncul pada mesin drawing finisher dalam proses produksi benang. Mechanical fault tersebut berada pada area drafting zone, meliputi wilayah callender roll, front roll, middle roll, dan back roll. Untuk mengidentifikasi letak permasalahan, digunakan perhitungan rumus berdasarkan pembacaan gearing diagram mesin drawing finisher. Meskipun perhitungan tersebut tidak memberikan hasil yang akurat secara langsung, namun perhitungan tersebut dapat membantu menyempitkan ruang lingkup permasalahan sehingga mekanik tidak perlu membongkar seluruh bagian mesin. Hasil uji keluaran spectograf menunjukan terdapat peak pada daerah 18 cm yang merupakan wilayah callender roll hasil uji menunjukan adanya penyimpangan batas standar yaitu sebesar 75% sedangkan untuk standar presentase peak berada pada batas standar 55%. Penyebab utama kemunculan peak adalah kesalahan penyetelan toleransi clearen gear. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan peak yang ada pada wilayah callender roll menggunakan metode Plan, Do, check, Action (PDCA) dengan menggunakan metode PDCA tergambar secara jelas dan rinci bagaimana penyelesaian peak khususnya pada daerah 10 cm yang memiliki penyimpangan batas standar sebesar 75% sehingga turun menjadi 25%.

Article Details

How to Cite
Rosida, A., Darmawi, A., & Aribowo, I. (2023). Penanganan Peak Daerah 18 cm Menggunakan Pendekatan PDCA pada Mesin Drawing Finisher FA 306 A. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(2). https://doi.org/10.59432/jute.v6i2.66
Section
Articles

References

Darmawi, A., & Darsono, D. (2018). Pengaruh Variabel Peningkatan Produktivitas, Penguasaan Teknologi Baru dan Pelatihan Terhadap Pengendalian Mutu Terpadu Karyawan Pada Industri Tekstil dan Garmen di Surakarta. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 2(1), 03-14.

Darmawi, A., & Mahmudha, S. J. (2022). Setting Jarak Antara Top Flat dengan Cylinder terhadap Jumlah Neps Sliver Carding di Mesin Carding. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Tekstil dan Manajemen Industri, 5(2), 88-95.

Darmawi, A., & Yulianto, B. (2022). Penggunaan Alat Ukur pada Mesin-mesin Industri Tekstil Sebagai Standar Parameter Kinerja Mesin. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 5(1), 8–18.

Khadafi, W. R., & Dwiyaksa, D. (2021). Rancang bangun aplikasi check sheet preventive maintenance plant bchi menggunakan progressive web application. Jurnal Instrumentasi dan Teknologi Informatika (JITI), 2(2), 82-87.

Khaerudin, D., & Rahmatullah, A. (2020). Implementasi metode PDCA dalam menurunkan defect sepatu type campus di PT. Prima Intereksa IndastrI (PIN). Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 20(1), 34.

Kristi, A. F. (2019). Manajemen Risiko Pada Divisi Perencanaan Di Pt X (Doctoral Dissertation, Uajy).

Kurniawan, C., & Azwir, H. H. (2019). Penerapan Metode PDCA untuk Menurunkan Tingkat Kerusakan Mesin pada Proses Produksi Penyalutan. JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 3(2), 105-118.

Ma'arif, D. (2022). PROSES PRODUKSI PENGOLAHAN PLASTIK POLYETHLENE DI PT. PLASTIK KARAWANG FLEXINDO. Jurnal SIGMAT Teknik Mesin UNSIKA, 2(1), 1-11.

Nagara, R. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pada Produk Bordir Untuk Mengurangi Jumlah Defect Dengan Menggunakan Siklus Pdca (Plan, Do, Check Dan Action) Di CV. Hegar Jaya (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Subekhi, M. (2018). Perancangan Pabrik Benang Carded Ne1 40 (Tex14, 8) 100% Cotton dengan Kapasitas 66.000 Mata Pintal.

Sudiarta, T. (1996). Pengaruh Variasi Kecepatan Combing Roller dan Penyuapan Sliver Drawing Passages I, II, III Merk Cheery Pada Mesin Open End Spinning Merk Autocoro terhadap Kekuatan Ketidakrataan dan Potensi Neps Benang Kapas Tex 59.