Analisis Dimensi pada Pakaian Olahraga Menurut Konsumen Dewasa Muda di Surabaya dan Malang

Main Article Content

Novenda Kartika Putrianto
Iwan Suryawijaya

Abstract

Industri garmen di Indonesia memainkan peran penting dalam perkembangan negara. Pembelian pakaian olahraga melibatkan perilaku konsumen yang bervariasi. Pertumbuhan industri olahraga di Indonesia terus meningkat, namun penjelasan mendetail terkait aspek-aspek yang harus melekat pada pakaian olahraga belum tersedia. Penelitian ini berfokus pada perilaku pembelian pakaian olahraga (renang, sepeda, dan jogging) pada konsumen laki-laki dan perempuan di Surabaya dan Malang, berusia 18-25 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagi menjadi pola pembelian pakaian dan aspek pada pakaian olahraga, dengan pengolahan data menggunakan teknik klasifikasi data mining dalam Rapidminer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki penekanan berbeda dalam preferensi pembelian pakaian olahraga. Pria cenderung memprioritaskan aspek teknis dan praktis seperti jenis kain, kemudahan penggunaan, dan estetika visual. Sementara itu, wanita lebih memperhatikan kenyamanan, aspek estetika, dan kebebasan dalam memilih pola, model, dan ukuran pakaian. Implikasinya, industri garmen perlu memperhatikan preferensi gender dalam merancang produk untuk memenuhi kebutuhan teknis dan estetika sesuai dengan preferensi konsumen pria dan wanita. Penelitian lanjutan dapat menjelajahi dimensi pakaian olahraga yang lebih spesifik serta memperluas analisis terhadap faktor budaya dan demografis dalam preferensi pakaian olahraga.

Article Details

How to Cite
Putrianto, N. K., & Suryawijaya, I. (2023). Analisis Dimensi pada Pakaian Olahraga Menurut Konsumen Dewasa Muda di Surabaya dan Malang. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(2), 60–67. https://doi.org/10.59432/jute.v6i2.68
Section
Articles

References

Abraham-Murali, L., & Littrell, M. A. (1995). Consumers' conceptualization of apparel attributes. Clothing and Textiles Research Journal, 13(2), 65-74.

Assael. (1992). Consumer Behavior. Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Cindy, G. (2019). Perancangan Jaket Runningwater Repellent Berdesain Trendy Untuk Iklim Tropispada Brand Gale. Moda: The Fashion Journal, 1(1), 61-91.

Hadyan, R. (2020). Gaya Hidup Sehat Meningkat, Bisnis Perlengkapan Olahraga Kian Bugar. [Online] Tersedia di [Diakses pada 14 Maret 2022].

Kotler, Philip dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Muazam, A. (2020). Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial. [Online] tersedia di [Diakses pada 14 Maret 2022].

Ridwan. (2022). Kemenperin Proyeksi Industri Garmen Tumbuh 10,44% di Paruh Pertama 2022, Ini Pemicunya. [Online] tersedia di [Diakses pada tanggal 14 maret 2022].