Analisis Penggantian dan Perawatan pada Papermachine Bagian Wire dan Dryer Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance dan Age replacement Pada PT. X

Main Article Content

Irsyaad Ramadhan
Wiwin Widiasih

Abstract

PT.X merupakan salah satu perusahaan kertas di daerah Mojokerto yang memproduksi kertas jenis Coated Duplex Board. Perusahaan ini beroperasi selama 24 jam tanpa henti. Kondisi tersebut sangat bergantung pada perawatan mesin yang berjalan terus menerus. Untuk menjaga agar mesin dapat berfungsi dengan maksimal, manajemen perawatan mesin perlu diperhatikan. Pada periode Agustus 2022 – Februari 2023 kerusakan mesin sering terjadi pada bagian Wire dan Dryer yang menyebabkan terganggunya proses produksi. Oleh karena itu manajemen perawatan mesin dibutuhkan dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance dan Age replacement untuk menentukan interval penggantian dan pemeriksaan yang optimal berdasarkan minimasi downtime. Pemilihan komponen kritis ditentukan dengan menggunakan pareto dari hasil Failure Modes  and Effects Analysis (FMEA), kemudian menggunakan Software Minitab17 untuk menentukan godnees of fit, distribusi yang dipilih, parameter distribusi, dan Main time to Failure (MTTF) & Main Time to Repair (MTTR) masing-masing komponen. kemudian menentukan interval penggantian Age replacement dan penentuan pemeriksaan yang optimal yaitu pada Bearing screen tiap 27 hari, Couchroll 5 tiap 41 hari, HP shower tiap 41 hari, Long felt tiap 22 hari, Stretcher Long felt tiap 38  hari, wire 1 tiap 65 hari, Wire 9  tiap 41 hari, Gearbox dryer tiap 19 hari, Bearing dryer tiap 25 hari, Canvas roll tiap 41 hari, Pulley tali rope 24 hari, Rotary tiap 21 hari, dan Body rotary tiap 17 hari. Masing-masing komponen dilakukan pemeriksaan selama 2-4 hari sekali. Nilai Availability Total pada masing-masing komponen diatas 87% - 99% yang menunjukkan probabilitas berfungsi dengan yang diharapkan dan Reliability setelah dilakukan usulan penjadwalan perawatan menunjukkan adanya peningkatan.

Article Details

How to Cite
Ramadhan, I., & Widiasih, W. (2023). Analisis Penggantian dan Perawatan pada Papermachine Bagian Wire dan Dryer Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance dan Age replacement Pada PT. X. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.59432/jute.v6i1.60
Section
Articles

References

Akbar, M. R., & Widiasih, W. (2022). Analisis Perawatan Mesin Bubut dengan Metode Preventive Maintenance Guna Menghindari Kerusakan Secara Mendadak dan Untuk Menghitung Biaya Perawatan. Jurnal SENOPATI: Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering, 4(1), 32-45.

Assagaf, M. K. Perencanaan Interval Waktu Perawatan Mesin Induksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II dan Age Replacement (Studi Kasus: CV. SUMBER BAJA PERKASA) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).

Kumala, A. C. (2022). Perancangan Penjadwalan Pemeliharaan mesin Produksi untuk Meningkatkan Kehandalan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) (Studi Kasus: PT. Intimas Surya, Pelabuhan Benoa, Bali) (Doctoral dissertation, UPN Veteran Yogyakarta).

Pranowo, I. D. (2019). Sistem dan Manajemen Pemeliharaan. Sleman Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utomo)

Raharja, I. P., & Suardika, I. B. (2021). Analisis Sistem Perawatan Mesin Bubut Menggunakan Metode RCM (Reliability Centered Maintenance) Di Cv. Jaya Perkasa Teknik. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 11(1), 39-48.

Shinta H, Yanti R, Qurtubi. (2021). Analisis Perawatan Mesin dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) terhadap Mesin Air Jet Loom (AJL).

Suwandy, R. (2019). Analisa Perawatan Mesin Digester Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada PTPN II Pagar Merbau. Universitas Medan Area. Medan.

Syafei, M. I., & Suhendar, E. (2022). Analisis Perawatan Mesin dengan Pendekatan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dan Maintenance Value Stream Map (MVSM) (Studi Kasus di PT. Nusa Indah Jaya Utama). Integrasi: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(2), 67-75.

Taufik, T., & Septyani, S. (2015). Penentuan interval waktu perawatan komponen kritis pada mesin turbin di PT PLN (Persero) Sektor Pembangkit Ombilin. jurnal optimasi sistem industri, 14(2), 238-258.

Widiasih, W. (2019). Perhitungan Biaya Penggantian Komponen dengan Mempertimbangkan Penjadwalan Perawatan pada Mesin Bucket Raw Material. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 14(2), 68-76