Minimasi Cacat Sink mark Pada Proses Injeksi Molding Produk T-Valve Female GeNose C19

Main Article Content

Adhi Setya Hutama
Nicolas Axel Reyhan Widyasmara

Abstract

Peningkatan kualitas suatu produk merupakan suatu hal yang memegang peranan penting dalam dunia industri manufaktur untuk menjaga kelangsungan proses produksi dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Seiring dengan perkembangan wabah Covid-19 di masa pandemi, telah ada alat skrining Covid-19 dengan tingkat akurasi yang tinggi yaitu 93-95% bernama GeNose C19. Terdapat cacat produk yang dominan pada proses produksi GeNose C19 yaitu cacat sink mark sebesar 1,10%. Kajian meminimalisir cacat sink mark pada proses injection moulding produk T-Valve Female GeNose C19 bertujuan untuk mendapatkan parameter yang tepat untuk mengurangi cacat sink mark yang timbul pada proses produksi dengan menggunakan simulasi moldflow dan metode Taguchi. Berdasarkan data ketika proses produksi, ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi cacat sink mark pada proses produksi, yaitu holding time, melt temperature, dan mold temperature. Kemudian data tersebut diolah dan disimulasikan menggunakan software moldflow untuk menentukan sampel hasil dari analisis. Berdasarkan hasil percobaan analisis aliran cetakan, terdapat variabel yang mempengaruhi bahwa kombinasi waktu penahanan (2 s), suhu leleh (40 °C), dan suhu cetakan (220 °C) dan nilai aktual 0,039 mm mendekati dengan nilai prediksi 0,035 mm. Data produksi T-Valve Female GeNose C19 Juni 2021, cacat sink mark mengalami penurunan sebesar 0,06%, hal ini membuktikan sesuai dengan manfaat penelitian untuk meminimalkan sink mark untuk menurunkan tingkat reject pada kisaran 0,08-0,05%.

Article Details

How to Cite
Hutama, A. S., & Widyasmara, N. A. R. (2022). Minimasi Cacat Sink mark Pada Proses Injeksi Molding Produk T-Valve Female GeNose C19. Jurnal Tekstil: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Tekstil Dan Manajemen Industri, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.59432/jute.v5i2.38
Section
Articles

References

Analisis Data COVID-19 Indonesia (Marret, 2021), retrieved from https://covid19.go.id/id/p/berita/analisis-data-covid-19-indonesia-update-28-maret-2021

Anisa, Evaluasi dan Analisis Waste pada Proses Produksi Kemasan dengan Metode FMEA, Skripsi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Indonesia, 2010

Baskoro, C.H., Optimasi Setting Parameter Vacuum Forming untuk Meminimalkan Defect Burning pada Produk Packaging Stroberi dengan Metode Taguchi, Tugas Akhir, Program Studi Perancangan Manufaktur, Politeknik ATMI Surakarta, 2022.

Djunarso., Dasar Mold Design, ATMI Press, Surakarta, 2011.

FAQ Genose C19 (Januari, 2021), retrieved from https://ditpui.ugm.ac.id/faq/

Hapsari, F.K., Putra, W.S., Nugroho, A., Hutama, A.S., and Kurniawan, P., The Effect Analysis of Wire Speed, Cycle and Break Time Interval to Tensile Strength of SUS 304 And SPHC Joint Using Cold Metal Transfer Welding Method on TruArc Weld 1000 Machine, International Conference on Science and Technology, Universitas Gadjah Mada, 2022.

Hayu, W.S., Optimasi Parameter Injeksi Molding untuk Mengurangi Cycle Time dan Berat Produk Cone Benang dengan Metode Taguchi, Tugas Akhir, Program Studi Perancangan Manufaktur, Politeknik ATMI Surakarta, 2021.

Hutama, A.S., Optimasi Pembuatan Biokeramik dengan Struktur Pori-pori Beraturan, Thesis, Program Studi Teknik Industri, Universitas Gadjah Mada, 2015.

Nugroho, T.A., Hutama, A.S., Kurniawan, P., Optimization of Vacuum Forming Parameter Settings to Minimize Burning Defect on Strawberry Packaging Products Using the Taguchi Method, International Journal of Applied Sciences and Smart Technologies, 4(20), 2022

Pamasaria, H.A., Saputra, T.H., Hutama, A.S., Budiyantoro, C. Optimasi Keakuratan Dimensi Produk Cetak 3D Printing berbahan Plastik PP Daur Ulang dengan Menggunakan Metode Taguchi. Jurnal Material dan Proses Manufaktur, 4(1), 2020, pp. 12-19.

Riyanto, S.A., Optimalisasi Proses Injeksi Molding Menggunakan Moldflow Dual-Domain Pada Desain Base Plate. Thesis, Program Studi Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2015.

Ross, P.J., Taguchi Techniques for Quality Engineering 2nd edition, Mc.Graw-Hill Book Company, New York, 1996

Widyatmoko, R.H., Optimalisasi Parameter Injeksi untuk Minimasi Shrinkage, Sink Marks dan Warpage pada Industri Mold Modern, Thesis, Program Studi Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2017.

Most read articles by the same author(s)